Senin, 19 Januari 2015

L/G Structure



            Landing gear merupakan salah satu komponen penting dalam sturktur pesawat terbang. Terutama poros roda yang berfungsi menahan beban pesawat terbang berada didarat dan menahan beban impact pada saat pesawat terbang melakukan pendaratan (landing).
Dari beberapa posisi pesawat pada saat pembebanan yang diambil dalam perhitungan, yakni kondisi landing, karena kondisi ini merupakan salah satu posisi pesawat pada saat pembebanan yang sangat berpengaruh terhadap kekuatan dari poros roda pada struktur Landing Gear terutama pada main landing gear.
Disamping berfungsi untuk landing dan take off juga untuk taxying. Beban yang terjadi dan diterima oleh struktur landing gear diteruskan oleh semua komponen landing gear ke fuselage yang kemudian didistribusikan ke seluruh struktur pesawat.

            Dari analisa kekuatan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa tegangan yg terjadi padapada poros roda pada roda pendarat utama (main landing gear) untuk kasus-kasus pembebanan yang diberikan, masih berada dibawah kekuatan bahan. Hal ini ditunjukan dengan harga margin of safety yakni harga MSmaks 0,98 pada penampang A-A, 1,9 pada penampang B-B dan 0,26 pada penampang C-C , pada poros roda.

Ban pesawat bukan ban yang padat, di dalamnya ada gas/udara dengan tekanan yang cukup besar, sekitar enam kali lebih besar dari tekanan ban mobil berpenumpang. Tekanan sebesar ini dibutuhkan untuk menahan beban pesawat yang besar, kelenturan atau deflection (perbedaan tinggi ban sebelum dan sesudah dipasang) ban pesawat 2-3 kali lebih besar dari ban mobil. Kelenturan yang tinggi ini membuat penumpang pesawat lebih nyaman ketika pesawat mendarat. Ban pesawat juga diharapkan mampu bertahan ketika pesawat bergerak dengan kecepatan sekitar 340km/jam atau dua kali kecepatan maksimum mobil.
LANDING GEAR RETRACTION TEST

Sistem  Penarikan kembali Roda Pendarat Pesawat secara elektrik (Electric landing gear retraction system)

            Suatu sistem penarikan kembali roda pendarat pesawat dengan sistem  elektrik, seperti yang ditunjukkan pada gambar 13 …., mempunyai corak yang berikut:
 ( 1) Suatu motor untuk mengubah tenaga elektris ke dalam gerak-putar.
 ( 2) Suatu sistem pengurangan roda gigi untuk mengurangi kecepatan dan meningkat(kan) kekuatan perputaran.
 ( 3) Lain gigi persneling untuk mengubah gerak-putar ( pada suatu kecepatan dikurangi) ke dalam push-pull pergerakan.
 ( 4) Pertalian untuk menghubungkan push-pull pergerakan kepada tupang tekanan goncangan roda pesawat untuk mendarat.
 [Yang] pada dasarnya, sistem adalah suatu dongkrak digerakkan dengan tenaga listrik untuk meningkat atau menurunkan roda gigi [itu]. Ketika suatu tombol di (dalam) kokpit dipindah ke " yang atas" memposisikan, motor elektrik beroperasi. Melalui suatu sistem batang, gigi persneling, orang yang mengadaptasikan, suatu sekrup penggiat, dan suatu tabung tenaga putaran, suatu kekuatan dipancarkan kepada menyeret pertalian tupang tekanan. Seperti itu, roda gigi menarik kembali dan kunci. Jika tombol dipindah ke " yang bawah" memposisikan, motor membalikkan dan gerak roda gigi menurun/jatuh dan kunci. Urutan operasi pintu dan gigi persneling adalah serupa dengan suatu sistem roda pesawat untuk mendarat [yang] dioperasikan.


 



 Electric landing gear
                        
Sistem Penarikan kembali Roda Pendarat Pesawat secara Hidrolik

            Alat menggunakan [adalah] suatu sistem penarikan kembali roda pesawat untuk mendarat dioperasikan hydraulically khas meliputi menggerakkan silinder, klep selektor, uplocks, downlocks, klep urutan, tabung, dan lain komponen hidrolik konvensional. Unit ini menjadi sangat saling behubungan bahwa mereka mengijinkan perluasan dan penarikan kembali dengan baik sequenced roda pesawat untuk mendarat dan pintu roda pesawat untuk mendarat.
 Operasi suatu sistem penarikan kembali roda pesawat untuk mendarat hidrolik [menjadi/dari] . seperti (itu) arti penting yang adalah harus [dicakup/tutup] dalam beberapa detil. Pertama, mempertimbangkan apa yang terjadi ketika roda pesawat untuk mendarat ditarik kembali. [Seperti;Sebagai;Ketika] klep selektor ( menggambarkan 9-14) dipindah ke " yang atas" posisi, cairan yang diberi tekanan diarahkan ke dalam roda gigi garis atas. Aliran fluida [bagi/kepada] masing-masing delapan unit; ke klep urutan C dan D, kepada ke tiga roda gigi downlocks, kepada hidung mencocokkan silinder, dan kepada keduanya yang utama menggerakkan silinder.
 Pesan apa yang terjadi kepada cairan [yang] mengalir ke klep urutan C dan D di (dalam) figur 9-14. [Karena;Sejak] klep urutan tertutup, diberi tekanan cairan tidak bisa mengalir kepada silinder pintu pada waktu ini. Seperti itu, pintu tidak bisa dekat. Tetapi cairan yang memasuki ke tiga downlock silinder tidaklah di/tertunda; oleh karena itu, roda gigi tidak terkunci. Pada waktu yang sama, mengalir juga masuk sisi yang atas dari tiap roda gigi yang menggerakkan silinder dan gigi persneling mulai untuk menarik kembali.
Roda gigi Hidung melengkapi;menyudahi penarikan kembali dan melibatkan uplock nya dulu, oleh karena ukuran yang kecil tentang  nya  menggerakkan silinder. Juga, [karena;sejak] pintu roda gigi hidung dioperasikan semata-mata oleh pertalian dari hidung mencocokkan, pintu ini menutup. Sementara itu, roda pesawat untuk mendarat yang utama masih menarik kembali, memaksa cairan untuk me/tinggalkan sisi menurun/jatuh dari tiap silinder roda gigi utama. Aliran fluida ini yang tak terlarang melalui/sampai suatu katup kendali mulut, membuka katup kendali urutan [itu] [Adalah] suatu atau B, dan mengalir sepanjang klep selektor roda pesawat untuk mendarat [itu] ke dalam saluran-retur sistem yang hidrolik. Kemudian, [seperti;sebagai;ketika] roda gigi yang utama menjangkau posisi yang secara penuh ditarik kembali dan melibatkan [musim semi/ mata air] [itu] memuat uplocks, mencocokkan pertalian membentur [pengisap/ spekulan] klep urutan C dan D. Ini terbuka katup kendali urutan dan mengijinkan cairan diberi tekanan untuk mengalir ke dalam silinder pintu, menutup pintu roda pesawat untuk mendarat [itu].



Operasi Roda Pendarat Pesawat di Sayap

            Suatu urutan pengoperasian roda pesawat untuk mendarat sayap khas digambarkan menggambarkan 9-15. Roda pesawat untuk mendarat Sayap menarik kembali atau meluas ketika tekanan hidrolik diberlakukan bagi yang atas atau menurun/jatuh sisi penggiat roda gigi. Penggiat Roda gigi [menerapkan/berlaku] kekuatan [itu] yang diperlukan untuk menaikkan dan menurunkan roda gigi [itu]. Penggiat bekerja bersama dengan suatu berjalan [balok/berkas cahaya] untuk [menerapkan/berlaku] kekuatan kepada tupang tekanan goncangan roda gigi sayap, terayun [itu] di dalam kapal dan maju ke dalam roda/kemudi dengan baik. Kedua-Duanya penggiat dan berjalan [balok/berkas cahaya] dihubungkan ke pelat sambung pada [atas] cembung putar roda pesawat untuk mendarat. Akhir yang diluar penggiat dan berjalan [balok/berkas cahaya] berputar pada [atas] suatu gantungan [balok/berkas cahaya] [yang] yang mana [adalah] dihubungkan dengan struktur pesawat terbang [itu]. Suatu mekanisme penguncian roda pesawat untuk mendarat sayap menempatkan pada [atas] sisi yang diluar roda/kemudi kunci baik roda gigi di (dalam) " yang atas" posisi. Penguncian roda gigi di (dalam) " yang bawah" posisi terpenuhi oleh suatu downlock bungee yang memposisikan suatu bagian atas dan menurunkan tupang tekanan dewan juri sedemikian sehingga tupang tekanan sebelah bawah dan yang bagian atas tidak akan melipat.
  
 



Roda Pesawat Untuk Mendarat Yang memasang dan Penyesuaian (Landing gear rigging and adjustment )

            Yang adakalanya itu menjadi diperlukan untuk melakukan penyesuaian tombol roda pesawat untuk mendarat itu, pintu, pertalian, palang pintu, dan kunci untuk meyakinkan operasi yang sesuai roda pesawat untuk mendarat dan pintu. Kapan roda pesawat untuk mendarat yang menggerakkan silinder digantikan dan ketika penyesuaian panjangnya dibuat, overtravel harus dicek. Overtravel adalah bahwa tindakan piston silinder di luar pergerakan yang diperlukan  untuk perluasan roda pesawat untuk mendarat dan penarikan kembali. Tindakan yang tambahan beroperasi mekanisme palang pintu roda pesawat untuk mendarat [itu].
 Oleh karena pesawat terbang variasi yang luas  mengetik dan mendisain, memeriksa prosedur untuk memasang dan menyesuaikan roda pesawat untuk mendarat akan bertukar-tukar. Uplock Dan Downlock Pemeriksaan, Penyesuaian Pertalian, membatasi penyesuaian tombol, dan lain penyesuaian roda pesawat untuk mendarat bertukar-tukar secara luas dengan disain roda pesawat untuk mendarat. Karena alasan ini, selalu berkonsultasi pemeliharaan pabrikan yang bisa diterapkan atau manual [jasa;layanan] [sebelum/di depan] melakukan/menyelenggarakan manapun tahap roda pesawat untuk mendarat [yang] memasang atau instalasi.

Menyesuaikan Roda Pesawat Untuk Mendarat Mengancing (Adjusting landing gear latches)

            Penyesuaian palang pintu menjadi/dari perhatian utama kepada airframe montir. Suatu palang pintu digunakan sistem roda pesawat untuk mendarat untuk [memegang/menjaga] suatu unit di (dalam) suatu posisi tertentu setelah unit telah menempuh perjalanan melalui suatu bagian dari, atau semua dari, siklus nya. Sebagai contoh, pada [atas] pesawat terbang beberapa, ketika roda pesawat untuk mendarat ditarik kembali, masing-masing roda gigi [disimpan/laksanakan di] posisi yang atas oleh suatu palang pintu.
Pegangan yang sama yang benar ketika roda pesawat untuk mendarat diperluas. Palang pintu adalah juga digunakan untuk pegangan pintu roda pesawat untuk mendarat di (dalam) yang terbuka dan posisi tertutup.
 Ada banyak variasi di (dalam) disain palang pintu. Bagaimanapun, semua palang pintu dirancang untuk memenuhi hal yang sama. Mereka harus beroperasi secara otomatis, di waktu wajar, dan [memegang/menjaga] unit [itu] di (dalam) posisi yang diinginkan [itu]. Suatu palang pintu pintu roda pesawat untuk mendarat khas diuraikan [yang] [paragrap/ayat] yang berikut [itu].
Pada [atas] pesawat terbang tertentu ini, pintu roda pesawat untuk mendarat dipegang tertutup oleh dua palang pintu pintu. [Seperti/Ketika] ditunjukkan menggambarkan 9-66, satu diinstall dekat pantat pintu [itu]. Untuk mempunyai pintu [itu] mengunci dengan aman, kedua-duanya kunci harus menggenggam dan [memegang/menjaga] pintu [itu] [yang] dengan ketat melawan terhadap struktur pesawat terbang. Komponen yang prinsip dari tiap mekanisme palang pintu menunjukkan menggambarkan 9-66 adalah suatu silinder palang pintu hidrolik, suatu sangkutan palang pintu, suatu [musim semi/ mata air] memuat crank-and-lever pertalian, dan suatu sektor. Silinder Palang pintu hydraulically dihubungkan dengan sistem kendali roda pesawat untuk mendarat dan dengan mesin menghubungkan, melalui/sampai pertalian, dengan palang pintu menyangkutkan. Kapan tekanan hidrolik diterapkan, silinder beroperasi pertalian [itu] untuk melibatkan ( atau melepaskan) sangkutan dengan ( atau dari) alat penggulung palang pintu pada [atas] pintu [itu]. Di (dalam) roda gigi menurun/jatuh urutan sangkutan dilepaskan oleh [musim semi/ mata air] [mengisi/memuat] pada [atas] pertalian [itu]. Di (dalam) roda gigi urutan atas, [bersemi/ memantul] tindakan dibalikkan ketika pintu penutupan dalam hubungan dengan palang pintu menyangkutkan dan silinder beroperasi pertalian [itu] untuk melibatkan sangkutan [itu] dengan alat penggulung palang pintu.
Kabel pada [atas] roda pesawat untuk mendarat sistem perluasan keadaan darurat dihubungkan kepada sektor untuk mengijinkan pelepasan/release [yang] keadaan darurat alat penggulung palang pintu. Suatu uplock tombol diinstall terpasang, dan yang digerakkan oleh, masing-masing palang pintu untuk menyediakan suatu roda gigi indikasi atas di (dalam) kokpit.
 
 

Landing gear door latch installations

Dengan roda gigi yang atas dan pintu mengancing, memeriksa alat penggulung palang pintu [itu] untuk pemeriksaan [yang] sesuai [sebagai/ketika] ditunjukkan menggambarkan 9-67, pandangan A. Pada [atas] instalasi ini pemeriksaan yang diperlukan adalah 1/8 ± 3/32 inci. Jika alat penggulung bukanlah di dalam toleransi mungkin saja disesuaikan dengan  mengendurkan nya memasang palang/baut dan peningkatan atau menurunkan alat penggulung palang pintu [itu] mendukung. Ini mungkin (adalah) dilaksanakan dalam kaitan dengan lubang yang diperpanjang dan bergigi tajam mengunci permukaan alat penggulung palang pintu mendukung dan plat bergigi tajam ( pandangan B).

Pemeriksaan Jarak Pintu Roda Pendarat Pesawat (Landing gear door clearance)

             Roda pesawat untuk mendarat Pintu mempunyai pemeriksaan bisa diijinkan spesifik yang harus dirawat antar[a] pintu dan struktur pesawat terbang atau lain pintu roda pesawat untuk mendarat. Ini pemeriksaan diperlukan dapat dirawat dengan  menyesuaikan garis-garis penghubung dan engsel pintu [itu] dan menghias material kelebihan dari pintu jika perlu.
 Pada [atas] instalasi beberapa, engsel pintu disesuaikan dengan  penempatan engsel yang bergigi tajam dan mesin cuci bergigi tajam di (dalam) posisi yang sesuai dan torquing [itu] memasang palang/baut. Gambar 9-68 menggambarkan yang kerja pemasangan jenis ini  mengijinkan penyesuaian linier. Jumlah penyesuaian linier dikendalikan oleh panjang palang/baut yang diperpanjang melubangi engsel pintu.

 
 Adjustable door hinge installations

Jarak pintu roda pesawat untuk mendarat membuka atau menutup tergantung pada panjang pertalian pintu dan penyesuaian pintu stop. Manual Pemeliharaan pabrik menetapkan panjang pertalian pintu dan penyesuaian perhentian atau lain prosedur dengan mana penyesuaian benar mungkin (adalah) dibuat.

Penyetelan Penyangga depan-belakang (Drag brace)dan penyangga samping kiri-kanan (Drag side) pada Roda pendarat

             Kait Sisi Roda pesawat untuk mendarat menggambarkan menggambarkan 9-69 terdiri dari dari suatu bagian atas dan mata rantai lebih rendah, bergantung di pusat untuk mengijinkan kait itu ke jackknife selama penarikan kembali roda pesawat untuk mendarat [itu]. Akhir yang bagian atas berputar pada [atas] suatu cembung putar berkait dengan roda/kemudi itu ongkos exploitasi baik. Pangkal dihubungkan kepada tupang tekanan goncangan.
 Di sampingan mengait digambarkan, suatu mata rantai penguncian disatukan antara akhir yang bagian atas tupang tekanan goncangan dan engsel-gantung yang lebih rendah itu. Yang pada umumnya di (dalam) instalasi jenis ini, mekanisme penguncian disesuaikan sedemikian sehingga [itu] diposisikan sedikit (di) atas pusat. Ini menyediakan hal positif [yang] mengunci kait sisi dan mengunci mekanisme, dan sebagai suatu keselamatan ditambahkan menonjolkan, mencegah roda gigi lalai/tanpa sengaja roboh disebabkan oleh kait sisi [itu] [yang] melipat.
 Untuk melakukan penyesuaian [itu] (di) atas posisi pusat mata rantai penguncian kait sisi menggambarkan menggambarkan 9-69, menempatkan roda pesawat untuk mendarat [itu] di (dalam) posisi yang bawah dan melakukan penyesuaian akhir mata rantai kunci [itu] mengepas sedemikian sehingga mata rantai kunci kait sisi dipegang dengan kuat (di) atas pusat.
Dengan tangan pecah;kan mata rantai kunci [itu] dan pindah;gerakkan roda pesawat untuk mendarat [itu] [bagi/kepada] suatu posisi 5 atau 6 inci yang di dalam kapal dari posisi dikunci yang bawah, kemudian melepaskan roda gigi [itu]. Roda pesawat untuk mendarat harus freefall dan kunci menurun/jatuh ketika bebas dari ini memposisikan.
 Sebagai tambahan terhadap menyesuaikan (di) atas pusat bepergian, kunci yang bawah [bersemi/ memantul] tegangan harus dicek penggunaan suatu [musim semi/ mata air] mengelupas. Tegangan harus antar[a] 40 [bagi/kepada] 60 pon untuk mata rantai kunci menggambarkan. Tegangan yang spesifik dan prosedur untuk mengecek akan bertukar-tukar pada [atas] lain pesawat terbang.

Cek Penarikan kembali Roda Pesawat Untuk Mendarat (Landing Gear Retraction Check)

            Ada beberapa kesempatan ketika suatu penarikan kembali cek harus dilakukan. Pertama, suatu penarikan kembali cek harus dilakukan [adalah] suatu pemeriksaan [yang] tahunan sistem roda pesawat untuk mendarat. Ke dua, ketika melakukan/menyelenggarakan pemeliharaan yang mungkin mempengaruhi penyesuaian atau pertalian roda pesawat untuk mendarat [itu], seperti mengubah suatu penggiat, buatan [adalah] suatu penarikan kembali memeriksa untuk lihat apakah segalanya dihubungkan dan disesuaikan dengan baik. Ketiga, mungkin saja diperlukan untuk membuat suatu penarikan kembali memeriksa setelah suatu landasan pendaratan [yang] kelebihan berat atau [sulit/keras] telah dibuat yang mungkin telah merusakkan roda pesawat untuk mendarat [itu]. [Yang] lekat memeriksa roda gigi [itu] untuk kerusakan [yang] jelas nyata dan kemudian membuat cek penarikan kembali [itu]. Dan akhirnya, satu metoda menempatkan kegagalan pemakaian di (dalam) sistem roda pesawat untuk mendarat adalah untuk melaksanakan suatu cek penarikan kembali roda gigi.
 Ada sejumlah pemeriksaan spesifik untuk melaksanakan ketika pembuatan suatu cek penarikan kembali roda pesawat untuk mendarat. yang dimasukkan Adalah:
 ( 1) Roda pesawat untuk mendarat untuk perluasan dan penarikan kembali sesuai.
 ( 2) Tombol, [Cahaya/ ringan], dan memperingatkan terompet/tanduk atau bel listrik untuk operasi sesuai.
( 3) Pintu Roda pesawat untuk mendarat untuk pemeriksaan dan kebebasan dari bungkus.
 ( 4) Pertalian Roda pesawat untuk mendarat untuk operasi sesuai, penyesuaian, dan kondisi umum.
 ( 5) Palang pintu Dan Kunci untuk penyesuaian dan operasi sesuai.
 ( 6) Ubah perluasan atau sistem penarikan kembali untuk operasi sesuai.
 ( 7) Manapun bunyi;serasi tidak biasa seperti [mereka/yang] disebabkan oleh jiplakan, bungkus, menggosok, atau getaran.
 Prosedur Dan Informasi [yang] diperkenalkan di sini dimaksudkan untuk menyediakan familiarisasi dengan sebagian dari detil melibatkan roda pesawat untuk mendarat [yang] memasang, penyesuaian, dan penarikan kembali memeriksa dan tidak mempunyai aplikasi umum. Karena informasi [yang] tepat mengenai suatu sistem roda pesawat untuk mendarat pesawat terbang spesifik, berkonsultasi instruksi pabrik yang bisa diterapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar