Landing gear merupakan salah satu
komponen penting dalam sturktur pesawat terbang. Terutama poros roda yang
berfungsi menahan beban pesawat terbang berada didarat dan menahan beban impact
pada saat pesawat terbang melakukan pendaratan (landing).
Dari beberapa
posisi pesawat pada saat pembebanan yang diambil dalam perhitungan, yakni kondisi
landing, karena kondisi ini merupakan salah satu posisi pesawat pada saat
pembebanan yang sangat berpengaruh terhadap kekuatan dari poros roda pada
struktur Landing Gear terutama pada main landing gear.
Disamping
berfungsi untuk landing dan take off juga untuk taxying. Beban yang terjadi dan
diterima oleh struktur landing gear diteruskan oleh semua komponen landing gear
ke fuselage yang kemudian didistribusikan ke seluruh struktur pesawat.
Dari analisa kekuatan yang telah
dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa tegangan yg terjadi padapada poros roda
pada roda pendarat utama (main landing gear) untuk kasus-kasus pembebanan yang
diberikan, masih berada dibawah kekuatan bahan. Hal ini ditunjukan dengan harga
margin of safety yakni harga MSmaks 0,98 pada penampang A-A, 1,9 pada penampang
B-B dan 0,26 pada penampang C-C , pada poros roda.
Ban pesawat bukan
ban yang padat, di dalamnya ada gas/udara dengan tekanan yang cukup besar,
sekitar enam kali lebih besar dari tekanan ban mobil berpenumpang. Tekanan
sebesar ini dibutuhkan untuk menahan beban pesawat yang besar, kelenturan atau
deflection (perbedaan tinggi ban sebelum dan sesudah dipasang) ban pesawat 2-3
kali lebih besar dari ban mobil. Kelenturan yang tinggi ini membuat penumpang
pesawat lebih nyaman ketika pesawat mendarat. Ban pesawat juga diharapkan mampu
bertahan ketika pesawat bergerak dengan kecepatan sekitar 340km/jam atau dua
kali kecepatan maksimum mobil.
LANDING
GEAR RETRACTION TEST
Sistem
Penarikan kembali Roda Pendarat Pesawat secara elektrik
(Electric landing gear retraction system)
Suatu sistem penarikan kembali roda pendarat pesawat dengan sistem elektrik, seperti yang ditunjukkan pada
gambar 13 …., mempunyai corak yang berikut:
( 1) Suatu motor untuk mengubah
tenaga elektris ke dalam gerak-putar.
( 2) Suatu sistem pengurangan roda
gigi untuk mengurangi kecepatan dan meningkat(kan) kekuatan perputaran.
( 3) Lain gigi persneling untuk
mengubah gerak-putar ( pada suatu kecepatan dikurangi) ke dalam push-pull
pergerakan.
( 4) Pertalian untuk menghubungkan
push-pull pergerakan kepada tupang tekanan goncangan roda pesawat untuk
mendarat.
[Yang] pada dasarnya, sistem adalah
suatu dongkrak digerakkan dengan tenaga listrik untuk meningkat atau menurunkan
roda gigi [itu]. Ketika suatu tombol di (dalam) kokpit dipindah ke " yang
atas" memposisikan, motor elektrik beroperasi. Melalui suatu sistem
batang, gigi persneling, orang yang mengadaptasikan, suatu sekrup penggiat, dan
suatu tabung tenaga putaran, suatu kekuatan dipancarkan kepada menyeret pertalian
tupang tekanan. Seperti itu, roda gigi menarik kembali dan kunci. Jika tombol
dipindah ke " yang bawah" memposisikan, motor membalikkan dan gerak
roda gigi menurun/jatuh dan kunci. Urutan operasi pintu dan gigi persneling
adalah serupa dengan suatu sistem roda pesawat untuk mendarat [yang]
dioperasikan.
Electric landing gear
Sistem Penarikan kembali Roda
Pendarat Pesawat secara Hidrolik
Alat menggunakan [adalah] suatu sistem penarikan kembali roda pesawat untuk
mendarat dioperasikan hydraulically khas meliputi menggerakkan silinder, klep
selektor, uplocks, downlocks, klep urutan, tabung, dan lain komponen hidrolik
konvensional. Unit ini menjadi sangat saling behubungan bahwa mereka
mengijinkan perluasan dan penarikan kembali dengan baik sequenced roda pesawat
untuk mendarat dan pintu roda pesawat untuk mendarat.
Operasi suatu sistem penarikan
kembali roda pesawat untuk mendarat hidrolik [menjadi/dari] . seperti (itu)
arti penting yang adalah harus [dicakup/tutup] dalam beberapa detil. Pertama,
mempertimbangkan apa yang terjadi ketika roda pesawat untuk mendarat ditarik
kembali. [Seperti;Sebagai;Ketika] klep selektor ( menggambarkan 9-14) dipindah
ke " yang atas" posisi, cairan yang diberi tekanan diarahkan ke dalam
roda gigi garis atas. Aliran fluida [bagi/kepada] masing-masing delapan unit;
ke klep urutan C dan D, kepada ke tiga roda gigi downlocks, kepada hidung
mencocokkan silinder, dan kepada keduanya yang utama menggerakkan silinder.
Pesan apa yang terjadi kepada cairan
[yang] mengalir ke klep urutan C dan D di (dalam) figur 9-14. [Karena;Sejak]
klep urutan tertutup, diberi tekanan cairan tidak bisa mengalir kepada silinder
pintu pada waktu ini. Seperti itu, pintu tidak bisa dekat. Tetapi cairan yang memasuki
ke tiga downlock silinder tidaklah di/tertunda; oleh karena itu, roda gigi
tidak terkunci. Pada waktu yang sama, mengalir juga masuk sisi yang atas dari
tiap roda gigi yang menggerakkan silinder dan gigi persneling mulai untuk
menarik kembali.
Roda gigi Hidung melengkapi;menyudahi penarikan kembali dan melibatkan
uplock nya dulu, oleh karena ukuran yang kecil tentang nya
menggerakkan silinder. Juga, [karena;sejak] pintu roda gigi hidung
dioperasikan semata-mata oleh pertalian dari hidung mencocokkan, pintu ini
menutup. Sementara itu, roda pesawat untuk mendarat yang utama masih menarik
kembali, memaksa cairan untuk me/tinggalkan sisi menurun/jatuh dari tiap
silinder roda gigi utama. Aliran fluida ini yang tak terlarang melalui/sampai
suatu katup kendali mulut, membuka katup kendali urutan [itu] [Adalah] suatu
atau B, dan mengalir sepanjang klep selektor roda pesawat untuk mendarat [itu]
ke dalam saluran-retur sistem yang hidrolik. Kemudian, [seperti;sebagai;ketika]
roda gigi yang utama menjangkau posisi yang secara penuh ditarik kembali dan
melibatkan [musim semi/ mata air] [itu] memuat uplocks, mencocokkan pertalian
membentur [pengisap/ spekulan] klep urutan C dan D. Ini terbuka katup kendali
urutan dan mengijinkan cairan diberi tekanan untuk mengalir ke dalam silinder
pintu, menutup pintu roda pesawat untuk mendarat [itu].
Operasi Roda Pendarat Pesawat di Sayap
Suatu urutan pengoperasian roda pesawat untuk
mendarat sayap khas digambarkan menggambarkan 9-15. Roda pesawat untuk mendarat
Sayap menarik kembali atau meluas ketika tekanan hidrolik diberlakukan bagi
yang atas atau menurun/jatuh sisi penggiat roda gigi. Penggiat Roda gigi
[menerapkan/berlaku] kekuatan [itu] yang diperlukan untuk menaikkan dan menurunkan roda gigi [itu].
Penggiat bekerja bersama dengan suatu berjalan [balok/berkas cahaya] untuk
[menerapkan/berlaku] kekuatan kepada tupang tekanan goncangan roda gigi sayap,
terayun [itu] di dalam kapal dan maju ke dalam roda/kemudi dengan baik.
Kedua-Duanya penggiat dan berjalan [balok/berkas cahaya] dihubungkan ke pelat
sambung pada [atas] cembung putar roda pesawat untuk mendarat. Akhir yang
diluar penggiat dan berjalan [balok/berkas cahaya] berputar pada [atas] suatu
gantungan [balok/berkas cahaya] [yang] yang mana [adalah] dihubungkan dengan
struktur pesawat terbang [itu]. Suatu mekanisme penguncian roda pesawat untuk
mendarat sayap menempatkan pada [atas] sisi yang diluar roda/kemudi kunci baik
roda gigi di (dalam) " yang atas" posisi. Penguncian roda gigi di
(dalam) " yang bawah" posisi terpenuhi oleh suatu downlock bungee
yang memposisikan suatu bagian atas dan menurunkan tupang tekanan dewan juri
sedemikian sehingga tupang tekanan sebelah bawah dan yang bagian atas tidak
akan melipat.
Roda Pesawat Untuk Mendarat Yang
memasang dan Penyesuaian (Landing gear rigging and adjustment )
Yang adakalanya itu menjadi diperlukan untuk melakukan penyesuaian tombol roda
pesawat untuk mendarat itu, pintu, pertalian, palang pintu, dan kunci untuk
meyakinkan operasi yang sesuai roda pesawat untuk mendarat dan pintu. Kapan
roda pesawat untuk mendarat yang menggerakkan silinder digantikan dan ketika
penyesuaian panjangnya dibuat, overtravel harus dicek. Overtravel adalah bahwa
tindakan piston silinder di luar pergerakan yang diperlukan untuk perluasan roda pesawat untuk mendarat
dan penarikan kembali. Tindakan yang tambahan beroperasi mekanisme palang pintu
roda pesawat untuk mendarat [itu].
Oleh karena pesawat terbang variasi
yang luas mengetik dan mendisain,
memeriksa prosedur untuk memasang dan menyesuaikan roda pesawat untuk mendarat
akan bertukar-tukar. Uplock Dan Downlock Pemeriksaan, Penyesuaian Pertalian,
membatasi penyesuaian tombol, dan lain penyesuaian roda pesawat untuk mendarat
bertukar-tukar secara luas dengan disain roda pesawat untuk mendarat. Karena
alasan ini, selalu berkonsultasi pemeliharaan pabrikan yang bisa diterapkan
atau manual [jasa;layanan] [sebelum/di depan] melakukan/menyelenggarakan
manapun tahap roda pesawat untuk mendarat [yang] memasang atau instalasi.
Menyesuaikan Roda Pesawat Untuk
Mendarat Mengancing (Adjusting
landing gear latches)
Penyesuaian palang pintu menjadi/dari perhatian utama kepada airframe
montir. Suatu palang pintu digunakan sistem roda pesawat untuk mendarat untuk
[memegang/menjaga] suatu unit di (dalam) suatu posisi tertentu setelah unit
telah menempuh perjalanan melalui suatu bagian dari, atau semua dari, siklus
nya. Sebagai contoh, pada [atas] pesawat terbang beberapa, ketika roda pesawat
untuk mendarat ditarik kembali, masing-masing roda gigi [disimpan/laksanakan
di] posisi yang atas oleh suatu palang pintu.
Pegangan yang sama yang benar ketika roda pesawat untuk mendarat diperluas.
Palang pintu adalah juga digunakan untuk pegangan pintu roda pesawat untuk
mendarat di (dalam) yang terbuka dan posisi tertutup.
Ada banyak variasi di (dalam) disain
palang pintu. Bagaimanapun, semua palang pintu dirancang untuk memenuhi hal
yang sama. Mereka harus beroperasi secara otomatis, di waktu wajar, dan
[memegang/menjaga] unit [itu] di (dalam) posisi yang diinginkan [itu]. Suatu
palang pintu pintu roda pesawat untuk mendarat khas diuraikan [yang]
[paragrap/ayat] yang berikut [itu].
Pada [atas] pesawat terbang tertentu ini, pintu roda pesawat untuk mendarat
dipegang tertutup oleh dua palang pintu pintu. [Seperti/Ketika] ditunjukkan
menggambarkan 9-66, satu diinstall dekat pantat pintu [itu]. Untuk mempunyai
pintu [itu] mengunci dengan aman, kedua-duanya kunci harus menggenggam dan
[memegang/menjaga] pintu [itu] [yang] dengan ketat melawan terhadap struktur
pesawat terbang. Komponen yang prinsip dari tiap mekanisme palang pintu
menunjukkan menggambarkan 9-66 adalah suatu silinder palang pintu hidrolik,
suatu sangkutan palang pintu, suatu [musim semi/ mata air] memuat
crank-and-lever pertalian, dan suatu sektor. Silinder Palang pintu
hydraulically dihubungkan dengan sistem kendali roda pesawat untuk mendarat dan
dengan mesin menghubungkan, melalui/sampai pertalian, dengan palang pintu
menyangkutkan. Kapan tekanan hidrolik diterapkan, silinder beroperasi pertalian
[itu] untuk melibatkan ( atau melepaskan) sangkutan dengan ( atau dari) alat
penggulung palang pintu pada [atas] pintu [itu]. Di (dalam) roda gigi
menurun/jatuh urutan sangkutan dilepaskan oleh [musim semi/ mata air]
[mengisi/memuat] pada [atas] pertalian [itu]. Di (dalam) roda gigi urutan atas,
[bersemi/ memantul] tindakan dibalikkan ketika pintu penutupan dalam hubungan
dengan palang pintu menyangkutkan dan silinder beroperasi pertalian [itu] untuk
melibatkan sangkutan [itu] dengan alat penggulung palang pintu.
Kabel pada [atas] roda pesawat untuk mendarat sistem perluasan keadaan
darurat dihubungkan kepada sektor untuk mengijinkan pelepasan/release [yang]
keadaan darurat alat penggulung palang pintu. Suatu uplock tombol diinstall
terpasang, dan yang digerakkan oleh, masing-masing palang pintu untuk menyediakan
suatu roda gigi indikasi atas di (dalam) kokpit.
Landing gear
door latch installations
Dengan roda gigi yang atas dan pintu mengancing, memeriksa alat penggulung
palang pintu [itu] untuk pemeriksaan [yang] sesuai [sebagai/ketika] ditunjukkan
menggambarkan 9-67, pandangan A. Pada [atas] instalasi ini pemeriksaan yang
diperlukan adalah 1/8 ± 3/32 inci. Jika alat penggulung bukanlah di dalam
toleransi mungkin saja disesuaikan dengan
mengendurkan nya memasang palang/baut dan peningkatan atau menurunkan
alat penggulung palang pintu [itu] mendukung. Ini mungkin (adalah) dilaksanakan
dalam kaitan dengan lubang yang diperpanjang dan bergigi tajam mengunci
permukaan alat penggulung palang pintu mendukung dan plat bergigi tajam (
pandangan B).
Pemeriksaan Jarak Pintu Roda Pendarat Pesawat (Landing gear door clearance)
Roda pesawat untuk mendarat Pintu
mempunyai pemeriksaan bisa diijinkan spesifik yang harus dirawat antar[a] pintu
dan struktur pesawat terbang atau lain pintu roda pesawat untuk mendarat. Ini
pemeriksaan diperlukan dapat dirawat dengan
menyesuaikan garis-garis penghubung dan engsel pintu [itu] dan menghias
material kelebihan dari pintu jika perlu.
Pada [atas] instalasi beberapa,
engsel pintu disesuaikan dengan
penempatan engsel yang bergigi tajam dan mesin cuci bergigi tajam di
(dalam) posisi yang sesuai dan torquing [itu] memasang palang/baut. Gambar 9-68
menggambarkan yang kerja pemasangan jenis ini
mengijinkan penyesuaian linier. Jumlah penyesuaian linier dikendalikan
oleh panjang palang/baut yang diperpanjang melubangi engsel pintu.
Adjustable door
hinge installations
Jarak pintu roda pesawat untuk mendarat membuka atau menutup tergantung
pada panjang pertalian pintu dan penyesuaian pintu stop. Manual Pemeliharaan
pabrik menetapkan panjang pertalian pintu dan penyesuaian perhentian atau lain
prosedur dengan mana penyesuaian benar mungkin (adalah) dibuat.
Penyetelan Penyangga depan-belakang (Drag brace)dan
penyangga samping kiri-kanan (Drag side) pada Roda pendarat
Kait Sisi Roda pesawat untuk
mendarat menggambarkan menggambarkan 9-69 terdiri dari dari suatu bagian atas
dan mata rantai lebih rendah, bergantung di pusat untuk mengijinkan kait itu ke
jackknife selama penarikan kembali roda pesawat untuk mendarat [itu]. Akhir
yang bagian atas berputar pada [atas] suatu cembung putar berkait dengan
roda/kemudi itu ongkos exploitasi baik. Pangkal dihubungkan kepada tupang tekanan
goncangan.
Di sampingan mengait digambarkan,
suatu mata rantai penguncian disatukan antara akhir yang bagian atas tupang
tekanan goncangan dan engsel-gantung yang lebih rendah itu. Yang pada umumnya di (dalam) instalasi jenis ini, mekanisme penguncian
disesuaikan sedemikian sehingga [itu] diposisikan sedikit (di) atas pusat. Ini
menyediakan hal positif [yang] mengunci kait sisi dan mengunci mekanisme, dan
sebagai suatu keselamatan ditambahkan menonjolkan, mencegah roda gigi
lalai/tanpa sengaja roboh disebabkan oleh kait sisi [itu] [yang] melipat.
Untuk melakukan penyesuaian [itu]
(di) atas posisi pusat mata rantai penguncian kait sisi menggambarkan
menggambarkan 9-69, menempatkan roda pesawat untuk mendarat [itu] di (dalam)
posisi yang bawah dan melakukan penyesuaian akhir mata rantai kunci [itu] mengepas
sedemikian sehingga mata rantai kunci kait sisi dipegang dengan kuat (di) atas
pusat.
Dengan tangan pecah;kan mata rantai kunci [itu] dan pindah;gerakkan roda
pesawat untuk mendarat [itu] [bagi/kepada] suatu posisi 5 atau 6 inci yang di
dalam kapal dari posisi dikunci yang bawah, kemudian melepaskan roda gigi
[itu]. Roda pesawat untuk mendarat harus freefall dan kunci menurun/jatuh
ketika bebas dari ini memposisikan.
Sebagai tambahan terhadap
menyesuaikan (di) atas pusat bepergian, kunci yang bawah [bersemi/ memantul]
tegangan harus dicek penggunaan suatu [musim semi/ mata air] mengelupas.
Tegangan harus antar[a] 40 [bagi/kepada] 60 pon untuk mata rantai kunci
menggambarkan. Tegangan yang spesifik dan prosedur untuk mengecek akan
bertukar-tukar pada [atas] lain pesawat terbang.
Cek Penarikan kembali Roda
Pesawat Untuk Mendarat (Landing Gear
Retraction Check)
Ada beberapa kesempatan ketika suatu penarikan kembali cek harus dilakukan.
Pertama, suatu penarikan kembali cek harus dilakukan [adalah] suatu pemeriksaan
[yang] tahunan sistem roda pesawat untuk mendarat. Ke dua, ketika
melakukan/menyelenggarakan pemeliharaan yang mungkin mempengaruhi penyesuaian atau
pertalian roda pesawat untuk mendarat [itu], seperti mengubah suatu penggiat,
buatan [adalah] suatu penarikan kembali memeriksa untuk lihat apakah segalanya
dihubungkan dan disesuaikan dengan baik. Ketiga, mungkin saja diperlukan untuk
membuat suatu penarikan kembali memeriksa setelah suatu landasan pendaratan
[yang] kelebihan berat atau [sulit/keras] telah dibuat yang mungkin telah
merusakkan roda pesawat untuk mendarat [itu]. [Yang] lekat memeriksa roda gigi
[itu] untuk kerusakan [yang] jelas nyata dan kemudian membuat cek penarikan
kembali [itu]. Dan akhirnya, satu metoda menempatkan kegagalan pemakaian di
(dalam) sistem roda pesawat untuk mendarat adalah untuk melaksanakan suatu cek
penarikan kembali roda gigi.
Ada sejumlah pemeriksaan spesifik
untuk melaksanakan ketika pembuatan suatu cek penarikan kembali roda pesawat
untuk mendarat. yang dimasukkan Adalah:
( 1) Roda pesawat untuk mendarat
untuk perluasan dan penarikan kembali sesuai.
( 2) Tombol, [Cahaya/ ringan], dan
memperingatkan terompet/tanduk atau bel listrik untuk operasi sesuai.
( 3) Pintu Roda pesawat untuk mendarat untuk pemeriksaan dan kebebasan dari
bungkus.
( 4) Pertalian Roda pesawat untuk
mendarat untuk operasi sesuai, penyesuaian, dan kondisi umum.
( 5) Palang pintu Dan Kunci untuk
penyesuaian dan operasi sesuai.
( 6) Ubah perluasan atau sistem
penarikan kembali untuk operasi sesuai.
( 7) Manapun bunyi;serasi tidak
biasa seperti [mereka/yang] disebabkan oleh jiplakan, bungkus, menggosok, atau
getaran.
Prosedur Dan Informasi [yang]
diperkenalkan di sini dimaksudkan untuk menyediakan familiarisasi dengan
sebagian dari detil melibatkan roda pesawat untuk mendarat [yang] memasang,
penyesuaian, dan penarikan kembali memeriksa dan tidak mempunyai aplikasi umum.
Karena informasi [yang] tepat mengenai suatu sistem roda pesawat untuk mendarat
pesawat terbang spesifik, berkonsultasi instruksi pabrik yang bisa diterapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar